10 Cara Menjaga Kesehatan Prostat Wajib Pria Ketahui

10 Cara Menjaga Kesehatan prostat wajib Pria ketahui agar terhindari dari resiko terkena penyakit kanker prostat. Jangan sampai sudah terkena kanker prostat baru mau menjaga kesehatan. lebih baik mencegah dari sekarang dari pada mengobati. Karena jika sudah terkena akan sulit untuk menyembuhkannya kembali.



Prostat adalah salah satu organ pria yang berhubungan dengan fungsi reproduksi dan seksual. Kelenjar prostat berbentuk seperti buah kenari dan terletak di sekitar uretra. Fungsi prostat adalah mengeluarkan cairan semen untuk melindungi sperma agar tetap sehat.

Gangguan pada prostat umumnya terjadi ketika seorang pria telah berusia uzur atau berusia 50 tahun ke atas, oleh sebab itu pula masalah prostat sering disebut sebagai penyakit orang tua. Beberapa gangguan prostat yang umum diderita kaum pria adalah pembesaran prostat, prostatitis dan kanker prostat. Biasanya Setiap pria paling tidak akan mengalami satu kali gangguan pada prostat dalam hidupnya.

Untuk menghindari dan mengurangi resiko menderita penyakit kanker prostat di masa depan maka anda bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan mulai dari sekarang dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan bergizi dan menjalani diet tertentu.

Sebagaimana dilansir dari Female First, berikut 10 cara menjaga kesehatan prostat yang wajib anda ketahui.

1. Asupan lycopene tinggi
Banyak yang meyakini bahwa lycopene di dalam buah-buahan berwarna merah dan tomat membantu melindungi sel-sel prostat. Asupan lycopene tinggi, setidaknya 10 miligram per hari (misalnya enam buah tomat plum matang) dapat memberikan paling banyak manfaat.

2.  Batasi asupan produk olahan susu.
Asupan protein dan kalsium susu yang tinggi terkait dengan risiko kanker prostat yang lebih tinggi. Anda harus membatasi diri untuk mengonsumsi tidak lebih dari tiga porsi produk susu dalam sehari. Jumlah tersebut cukup untuk melindungi tulang dan gigi.

3. vitamin dan mineral
Alternatif produk olahan susu seperti kedelai, yang diperkaya dengan vitamin dan mineral memiliki manfaat tambahan karena kandungan isoflavon.

4. Mengganti Lemak Hewani dengan lemak nabati
Ganti lemak hewani dengan minyak nabati atau minyak sayur. Lemak jenuh, yang banyak ditemukan di dalam sumber makanan hewani, dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Minyak nabati seperti zaitun, kacang dan canola lebih baik digunakan dibandingkan mentega dan lemak hewani.

5. Mengkonsumsi buah Delima
Konsumsi buah delima secara rutin karena baik untuk kesehatan prostat. Ini diyakini karena polifenol yang terkandung di dalamnya memberikan manfaat-manfaat kesehatan yang luar biasa. Untuk itu, konsumsi sekitar empat buah delima setiap hari.

6. Minum Teh hijau secara rutin
Minum teh hijau juga diyakini dapat meminimalisir risiko kanker prostat. Namun, jika Anda tidak bisa minum beberapa cangkir teh hijau dalam sehari, Anda bisa mengonsumsi ekstraknya saja yang kini sudah tersedia di pasaran.

7. Kurangi Mengkonsumsi daging merah
Hindari mengonsumsi lebih dari 500 gram daging merah matang per minggu. Pastikan pula daging tidak dimasak terlalu matang. Daging merah juga kaya akan lemak jenuh sehingga harus dikonsumsi dalam porsi yang lebih sedikit, tanpa lemaknya.

8. Mengkonsumsi Sayuran lebih banyak
Perbanyak mengonsumsi sayuran yang masuk ke dalam keluarga cruciferous, seperti brokoli, kubis dan kembang kol. Itu karena mereka mengandung senyawa yang mampu melawan kanker prostat.

9. Menjaga Berat Badan
Jaga bobot tubuh agar tidak masuk ke dalam kategori obesitas (Indeks Massa Tubuh lebih dari 30). Obesitas mampu meningkatkan risiko kanker prostat.

10. Rutin Berolahraga
Terakhir, jangan lupa untuk melakukan olahraga secara rutin yakni hampir setiap hari seminggu. Setiap sesi olahraga harus dilakukan setidaknya selama 30 menit.

Itulah 10 cara menjaga kesehatan prostat yang wajib pria ketahui. Jagalah selalu kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit tidak hanya kanker prostat saja. Sehat itu mahal, lebih baik mencegah dari pada mengobati.

0 Response to "10 Cara Menjaga Kesehatan Prostat Wajib Pria Ketahui"

Posting Komentar

wdcfawqafwef